DEFINISI NEW MEDIA
Media baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad
ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah
digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat
jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media
baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer
dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online
social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai
medianya.
Menurut Everett M.
Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke
dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak,
Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru
adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice
mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana
seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite
meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam
proses komunikasi yang semakin meningkat.
PANDANGAN NEW
MEDIA
New Media
merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia.
Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar
informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media
bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau
porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi
penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan
kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Manfaat New Media
Dari
penjelasan New Media diatas maka dapat diketahui New Media memiliki beberapa
manfaat sebagai berikut:
·
Arus informasi yang dapat dengan mudah
dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
·
Sebagai Media transaksi jual beli
·
Sebagai media hiburan contohnya game
online, jejaring social, streaming video, dll
·
Sebagai media komunikasi yang efisien.
Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan
bertatap muka dengan video conference.
·
Sarana pendidikan dengan adanya buku
digital yang mudah dan praktis
Berikut
disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
·
Terbukanya informasi menimbulkan
kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan
tujuan-tujuan tertentu.
·
Virus. Terbukanya arus informasi dan
komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah
menyebar.
·
Rasa ketagihan berlebihan, contohnya
pada saat bermain game online atau jejaring social.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen new media melalui tiga tahap ;
a. Produsen ==> yang membuat new media tersebut
b. Distributor ==> yang menyalurkan kepada konsumen
c. Konsumen ==> yang memakai atau menggunakan new media
APLIKASI NEW MEDIA
New Media merupakan suatu perantara baru untuk
pertukaran informasi. Secara sederhana New Media tercipta akibat adanya
interkasi masyarakat dengan komputer dan internet. Seiring bertumbuhnya
kebutuhan informasi pada saat ini, maka New Media semakin populer pada saat
ini.
Implementasi dari New Media yang ada pada saat ini sudah sangat banyak dan semakin kompleks. Tak hanya untuk sekedar pertukaran informasi. New Media juga dimanfaatkan sebagai media hiburan, media sharing juga media sosialisai. Beberapa contoh dari aplikasi New Media akan di jelaskan dalam blog ini. Berikut contoh dari implementasi New Media yang ada pada saat ini yaitu :
Implementasi dari New Media yang ada pada saat ini sudah sangat banyak dan semakin kompleks. Tak hanya untuk sekedar pertukaran informasi. New Media juga dimanfaatkan sebagai media hiburan, media sharing juga media sosialisai. Beberapa contoh dari aplikasi New Media akan di jelaskan dalam blog ini. Berikut contoh dari implementasi New Media yang ada pada saat ini yaitu :
1.
Blog, merupakan suatu
aplikasi web yang berisikan tulisan - tulisan yang di publish pada sebuah halaman
umum. Biasanya blog berisikan konten – konten seperti teks, gambar, video,
ataupun link. Isi dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang
tertentu yang menjadikan isi dari blog khas.
2.
Smilebox, merupakan
suatu layanan ataupun aplikasi yang sangat unik yang dapat digunakan untuk
membuat scrapbook, egreetings, maupun slide show menggunakan foto – foto yang
kita miliki. Layanan ini memberikan keleluasaan dalam berkreativitas untuk
berbagi cerita kepada keluarga ataupun teman dengan foto – foto atau video yang
lita miliki.
3.
Facebook didirikan
oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu
komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook (atau
facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan
pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna
dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan
bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang
memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah,
perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari
nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu
sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi
pengguna terdaftar di situs ini.
4.
Twitter berawal dari
sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting
perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide
twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan
sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada
tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April
2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman
profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat
membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat
melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
5.
Heello diluncurkan
sehari setelah twitter meluncurkan layanan berbagi foto. Layanan berbagi foto
ini tentunya akan berkompetisi dengan pihak ketiga penyedia layanan foto
berbasis twitter’s API seperti twitpic yang dimiliki Noah.
6.
Layanan ini dibuat
tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. foursquare adalah sebuah
situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak
untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan
bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. Pengguna
"check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerak,
pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari
daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar