Minggu, 13 Oktober 2013

definisi,pandangan,manfaat,komponen dan aplikasi new media

DEFINISI NEW MEDIA
Media baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Manfaat New Media
Dari penjelasan New Media diatas maka dapat diketahui New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
·        Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
·        Sebagai Media transaksi jual beli
·        Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
·        Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
·        Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
·        Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
·        Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
·        Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.

KOMPONEN NEW MEDIA

Komponen new media melalui tiga tahap ;
a. Produsen ==> yang membuat new media tersebut
b. Distributor ==> yang menyalurkan kepada konsumen
c. Konsumen ==> yang memakai atau menggunakan new media

APLIKASI NEW MEDIA

New Media merupakan suatu perantara baru untuk pertukaran informasi. Secara sederhana New Media tercipta akibat adanya interkasi masyarakat dengan komputer dan internet. Seiring bertumbuhnya kebutuhan informasi pada saat ini, maka New Media semakin populer pada saat ini.

Implementasi dari New Media yang ada pada saat ini sudah sangat banyak dan semakin kompleks. Tak hanya untuk sekedar pertukaran informasi. New Media juga dimanfaatkan sebagai media hiburan, media sharing juga media sosialisai. Beberapa contoh dari aplikasi New Media akan di jelaskan dalam blog ini.  Berikut contoh dari implementasi New Media yang ada pada saat ini yaitu :
1.             Blog, merupakan suatu aplikasi web yang berisikan tulisan - tulisan yang di publish pada sebuah halaman umum. Biasanya blog berisikan konten – konten seperti teks, gambar, video, ataupun link. Isi dari blog itu sendiri biasanya memiliki sudut pandang tertentu yang menjadikan  isi dari blog khas.
2.             Smilebox, merupakan suatu layanan ataupun aplikasi yang sangat unik yang dapat digunakan untuk membuat scrapbook, egreetings, maupun slide show menggunakan foto – foto yang kita miliki. Layanan ini memberikan keleluasaan dalam berkreativitas untuk berbagi cerita kepada keluarga ataupun teman dengan foto – foto atau video yang lita miliki.
3.             Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
4.             Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
5.             Heello diluncurkan sehari setelah twitter meluncurkan layanan berbagi foto. Layanan berbagi foto ini tentunya akan berkompetisi dengan pihak ketiga penyedia layanan foto berbasis twitter’s API seperti twitpic yang dimiliki Noah.
6.             Layanan ini dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. foursquare adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerak, pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar